Warung Bebas

Kamis, 14 Februari 2013

Makanan Sehat Penting untuk Kesehatan anda

Berbicara tentang Makanan sehat, Tentunya adalah berhubungan erat dengan memakan makanan yang bergizi dan mengandung vitamin. Tidak hanya sekedar Tahu cara dan Resep Makanan Yang Sehat tapi juga bagaimana tips Memasak yang sehat yang benar- benar berfungsi bagi kesehatan kita.
Makanan sehat
Makanan Sehat, selain berfungsi untuk keseatan tubuh juga sangat penting untuk proses diet seseorang. Karna kandungan Gizi dari makanan yang sehat akan sangat membantu menguras kalori yang berlebihan pada tubuh. Pastinya Banyak yang menginginkan dan mengetahui jenis makanan Apa yang tergolong sehat untuk diet bukan? untuk diketahui bahwa  Makanan sehat dapat diisi bukan hanya bahan yang begizi saja tetapi juga menggunakan alat masak, bumbu2 yang sehat dan tepat.

Apalagi dalam posisi mengandung. Seorang ibu akan sangat membutukan konsumsi makanan yang benar sehat untuk kesehatan janinnya pada saat hamil.
Makanan Sehat untuk Kesehatan

Berbagai Kriteria Penting Makanan Sehat


Seperti dikatakan sebelumnya, bawa makanan sehat tidak Hanya berbicara tentang Cara memasak Sehat, Tapi juga penting beberapa tips makanan yang sehat alami. Berikut adalah beberapa kriteria makanan sehat menurut para pakar Masakan Sehat dan Begizi :

1.Menu Makanan 4 sehat dan lima Sempurna

Menu Makanan Sehat
Menu makanan sehat adalah dasar penting untuk memenui kriteria sebagai makanan sehat. Dan beberapa diantaranya akan kami tuliskan kembali, siapa tahu anda lupa pelajaran sekolah dasar tentang al penting ini.

KOMPOSISI MENU MAKANAN SEHAT :

1.Makanan PokokMakanan pokok yaitu makanan yang menjadi sumber energi dalam tubuh. Dalam hal ini yang termasuk makanan sumber energi adalah makanan yang kaya akan karbohidrat seperti nasi, jagung, gandum, kentang, oat, serta umbi-umbian.

2.Lauk PaukLauk pauk adalah makanan utama pendamping makanan pokok. Lauk pauk berfungsi sebagai sumber zat pembangun untuk tubuh. Makanan lauk pauk banyak yang mengandung protein misalnya seperti telur, daging, ikan, tahu dan tempe.

3.Sayur-SayuranSayuran yang baik untuk kesehatan tubuh adalah sayuran yang berwarna hijau karena sayuran ini mengandung banyak vitamin,serat, dan protein nabati yang sangat berguna bagi kesehatan, seperti bayam, tomat, terong, dan lainnya.

4.Buah-BuahanBuah-buahan kaya akan vitamin yang berperan untuk kesegaran dan kesehatan tubuh. Selain itu buah-buahan juga mengandung mineral dan serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.
Menu makanan 4 sehat
Menu 4 sehat dan 5 sempurna - Makanan bergizi tinggi


5.SusuDalam rumusan makanan 4 sehat 5 sempurna ini, susu merupakan makanan pelengkap, dalam artian susu tidak wajib ada, namun akan lebih baik jika dapat melengkapi dengan susu.


2.Pelengkap Tips Makanan Sehat

Makanan yg Mengandung zat bergizi yang dibutuhkan tubuh

Kategori makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung cukup gizi serta zat lain untuk memenuhi kebutuhan tubuh, seperti :
-Karbohidrat sebagai sumber energi utama yang sangat penting bagi tubuh.
-Protein dibutuhkan untuk memangun sel pada tubuh.
-Lemak sebagai komponen sel dan jaringan serta melarutkan vitamin dan cadangan energi
-Vitamin untuk memperlancar metabolisme tubuh dan sel
-Mineral sebagai komponen yang turut serta membangun struktur tubuh dan ikut memperlancar proses pisiologis di dalam sel.
-Serat berfungsi untuk memperlancar pencernaan pada saluran cerna.
-Air untuk melarutkan vitamin dan gizi.


Makanan yang Segar dan Alami

Segar dan Alami adalah Bukan barang asing, makanan yang segar tentu saja lebih baik daripada makanan yang sudah disimpan berhari-hari, bahkan berbulan-bulan.Untuk diketahui Bawa Makanan yang masih segar kandungan gizi dan vitaminya masih terjaga.

Makanan Sehat Alami
Makanan harus bebas dari zat berbahaya seperti pengawet
Jangan heran jikalau makanan yang terlihat menarik, alami dan segar didepan mata ternyata adalah sangat berbahaya untuk kesehatan. hal tersebut tidak bisa dijadikan acuan kita dalam menentukan makanan yang sehat. sebagai contoh: bahan makanan yang berasal dari tumbuhan yang tampak segar dikarenakan pertumbuhannya di bantu oleh pemberian pestisida namun pemberian pestisida ternyata berlebihan dan ini bisa berakibat fatal bila dikonsumsi ole tubuh. Atau bakan bahan makanan olahan yang tampak segar karena menggunakan zat-zat pengawet. Hal tersebut bisa memberi dampak negatif bagi kesehatan tubuh dan jelas sekali betapa bahayanya ini pada tubuh kita.

Nah demi terjaminnya kesehatan makanan, sebaiknya hindari  makanan yang mengandung bahan-bahan berbahaya san mengandung baan pengawet. Tentu saja kejelian dan ketelitian serta kewaspadaan tinggi akan diperlukan dalam proses ini. Sebisa mungkin utamakan makanan sehat yang segar dan alami daripada makanan olahan yang tidak jelas proses serta komposisi yang digunakan. Jika memang terpaksa mengkonsumsi makanan olahan minimal periksa dahulu makanan yang dikomsomsi teersebut, apaka ada izin dari dinas kesehatan ataupun BPOM.

demikianlah Artikel makanan sehat Untuk Kesehatan, telah memaparkan beberapa Tips Makanan Yang sehat serta ciri-ciri, kriteria Makanan yang sehat. Jika ini bermanfaat, jangan Lupa Klik tombol Like atau share kepada teman2 anda. Semoga bermanfaat !

0 komentar em “Makanan Sehat Penting untuk Kesehatan anda”

Posting Komentar